Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Home » , » Tips SEO: Mengoptimalkan Kata Kunci | Optimasi Keyword

Tips SEO: Mengoptimalkan Kata Kunci | Optimasi Keyword

Keyword, Kata Kunci, SEO

Mengoptimalkan Kata Kunci / Keyword.

Kali ini saya akan membahas mengenai Search engine optimization tentang bagaimana cara mengoptimalkan kata kunci atau keyword untuk memperbaiki SERP (Search Engine Result Page) blog atau web anda. Anda bisa mencoba tips-tips berikut yang saya kumpulkan dari berbagai sumber, dan poin-poin pentingnya adalah sebagai berikut:

Optimalkan keyword atau kata kunci yang memiliki arti sama
misalkan untuk kata kunci "keyword research" hampir sama dengan kata kunci "keyword optimization", hal ini untuk memperbesar kemungkinan artikel anda muncul, sebab orang terkadang mencari dengan kata kunci yang berbeda padahal maksudnya adalah sama.Semakin bervariasi kata kunci semakin baik.

Long Tail Keyword atau kata kunci/keyword yang panjang
Keuntungan Long tail keywords atau kata kunci/keyword yang panjang adalah rendahnya kompetisi /saingan untuk kata kunci tersebut. Dan seringkali orang yang mencari dengan kata kunci yang panjang berpikir lebih dalam dan spesifik tentang informasi yang di carinya. Oleh karena itu manfaatkan keyword jenis ini, misalkan -cara memasak masakan indonesia- keyword ini saingannya sedikit dan kemungkinan blog anda yang paling relevan.

Penempatan Keyword di Title Tag
Page title tag adalah title, judul, text yang muncul pada browser window atau tab window. biasanya sama dengan judul halaman postingan. Title tag yang dimunculkan biasanya terdiri dari 60-70 karakter jika lebih biasanya akan terpotong. terdapat di paling atas monitor. Strategi SEO terbaik mengenai Page title tag adalah menempatkan 2 keyword anda di dalam nya, dan di batasi oleh tanda seperti koma, atau tanda bar seperti |.

Contoh: Bisnis on line | Internet Marketing


Penempatan Keyword di Content/ Artikel
Tempatkan kata kunci di permulaan postingan artikel karena search engine biasanya mengindeks dulu utuk mencari relevansi dengan judul. Berikan penekanan pada keyword atau kata kunci yang anda kehendaki dengan mem-bold / cetak tebal, miring dan underline  dan mengulang ulang keyword.

Penempatan Keyword di Meta Description
Google, yahoo dan MSN membaca content Anda melalui meta tag dan yang paling memperhatikan hal ini adala mesin pencari google. Jadi kenapa tidak Anda sempatkan untuk mengisi meta tag dengan kata kunci Anda.

Penempatan Keyword di Link / anchor text
Untuk menjadikan website Anda memiliki ranking atau urutan yang tinggi Anda bisa menyertakan kata kunci yang Anda inginkan pada link. Sebagai suatu contoh, misalnya Anda ingin menggunakan kata kunci ebook maka salah satu link yang dapat Anda pakai adalah http://situssaya.com/ebook

penggunaan alt image

Mesin pencari tidak dapat membaca gambar atau grafik tetapi mereka dapa membaca diskripsi dengan alt tag. Jika didalam website Anda terdapat gambar maka isikan kata kunci Anda pada alt tag, tetapi jangan terlalu sering melakukannya.

Untuk menemukan sebuah ide keyword untuk website anda dapat menggunakan tool dari google yang dapat di gunakan secara gratis dan online. Berikut ini Tool analisis keyword dari google.



Header tag
Hampir sama dengan meta tag, header tag biasanya ditandai dengan tulisan h1,h2,h3,dst….

Isilah h1 dengan primary keyword anda,untuk h2 dan h3,isi dengan secondary keyword anda.Ini sangat penting untuk pencarian search engine terhadap situs anda.

Jangan meletakkan kata kunci yang tidak sesuai dengan topik dalam artikel Anda.
Jangan isikan artikel Anda dengan kata kunci yang tidak berhubungan dengan topik Anda. Hal ini akan mengakibatkan dampak negatip terhadap kata kunci anda yang lainnya. Jangan meletakkan kata kunci yang tidak sesuai dengan topik dalam artikel Anda. Jika mesin pencari melihat kata kunci yang tidak sesuai dengan topik kemungkinan besar website Anda akan di dilarang atau tidak akan tampil dalam suatu halaman hasil pencarian.

Jalankan SEO secara aman dengan kepadatan kata kunci
Tidak ada aturan yang secara khusus menyebutkan tentang kepadatan kata kunci yang benar karena mesin pencari sering mengubah algoritma atau cara mereka dalam menganalisa suatu web. Ada beberapa teori yang menyebutkan google akan menganggap website Anda spam atau sampah jika terdapat kata kunci sebesar 2% dari kata yang ada dalam content Anda, tetapi mesin pencari yang lain seperti yahoo dan MSN baru menganggap bahwa content Anda sebagai spam atau sampah jika kata kunci yang terdapat dalam content atau artikel Anda mencapai 5% darijumalh kata yang terdapat dalam artikel Anda.
Beberapa ahli SEO telah memadukan pedapat mereka tentang kepadatan suatu kata kunci atau keyword. Jadi janganlah Anda terfokus pada teori ini. Sertakan saja kata kunci pada permulaan content Anda dan menulislah secara biasa atau alami. Jika ingin mengambil sisi amannya maka Anda dapat menyertakan kata kunci dengan perbandingan kurang dari 2% dari content Anda dan dalam peletakannya usahakan antara kata kunci yang satu dengan yang lainnya dalam jarak yang jauh. Hal ini dimaksudkan agar artikel yang Anda buat terlihat normal dimata google.

Jalankan LSI (Latent Semantic Indexing)
Mesin pencari mencari persamaan kata atau kata yang berhubungan dengan kata kunci yang Anda targetkan untuk menjelaskan keterkaitan antara keyword dengan artikel Anda. Mesin pencari akan lebih memperhatikan halaman yang memiliki kata-kata yang terkait dengan kata kunci daripada halaman yang hanya memiliki keyword saja. Sebagi contoh, jika kata kunci Anda adalah mobil maka akan lebih baik jika dalam artikel Anda terdapat persamaan atau kata yang relevan seperti kendaraan, angkutan dan lain-lain. Untuk perintah LSI gunakan Google set pada http://labs.google.com/sets

Jalankan Kata Kunci Proxy

cara ini digunakan untuk menjalankan website yang memiliki kata kunci yang terdiri dari 2 phrase kata. Misalnya strategi pemasaran. Anda mengunakan strategi pada kalimat pertama artikel Anda dan menggunakan pemasaran pada kalimat keempat. Memang benar cara ini masih terhitung sebagai cara peletakan kata kunci tetapi tidak kan lebih efektif dari penggunaan kata kunci secara bersamaan tanpa adanya selingan kata diantara kedua kata kunci tersebut. Kata kunci proxy atau keyword proximity digunakan untuk kata kunci yang terdiri dari dua phrase kata.

Sumber: www.highpayinggooglekeyword.com
http://www.hong.web.id/tips-and-trick/tip-dan-trik-seo-penempatan-keyword-atau-kata-kunci

Download E-book 101 Tips On SEO | Free E-book Download

Tags: ,

2 komentar to "Tips SEO: Mengoptimalkan Kata Kunci | Optimasi Keyword"

  1. arda says:

    artikelnya mantap dan berbobot nih,mau coba dulu ah

    Reply To This Comment

Leave a comment