Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Home » , » Tentang Alexa | Alexa Rank | Kegunaan Alexa Rank

Tentang Alexa | Alexa Rank | Kegunaan Alexa Rank


Alexa Logo

Apa Itu Alexa

Alexa itu sendiri adalah suatu situs yang menyediakan informasi mengenai trafik suatu website. Dan informasi ini disebut Alexa Rank. Alexa Rank atau Peringkat Alexa adalah sebuah sistem yang dibuat oleh www.alexa.com untuk menyatakan rangking/peringkat suatu situs yang didasarkan pada traffic situs tersebut. Semakin bagus trafficnya, semakin tinggi Peringkat situs tersebut. Alexa Rank mempunyai nilai 1 sampai seterusnya (Sampai berjuta-juta). Semakin kecil nilai Alexa Rank Anda, maka semakin bagus. Ini Berarti Alexa Rank Tertinggi adalah 1, semakin besar nilainya maka semakin turun Rankingnya. Untuk melihat situs dengan Alexa Rank teringgi klik saja Top Site Alexa Rank.

Alexa rank dapat dijadikan gambaran mengenai jumlah pengunjung yang mendatangi suatu blog dan terekam oleh Alexa. Lambat laun, situs ini berubah menjadi situs yang mengumpulkan data tentang perilaku browsing yang selanjutnya akan dianalisa untuk menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan berbagai aspek pendukungnya.

Cara mengukur Alexa Rank:

1. Alexa Traffic Rank – Ranking website anda dbandingkan dengan website lain di dunia.
2. Traffic Ranking by Country – Ranking Website anda dirank berdasarkan negara.
3. Reach – Jumlah capaian ke website
4. Pageview –jumlah pageview per kunjungan.
 penjelasan lebih lanjut klik saja http://www.alexa.com/help/traffic_learn_more

Fungsi Alexa Rank

Bagi kebanyakan orang, adalah kebanggaan kalau mempunyai rangking tinggi di alexa. Selain kebanggan pribadi, alexa juga dijadikan acuan oleh beberapa perusahaan atau badan organisasi untuk menilai seberapa bermutu website yang kita miliki. Misalnya adalah webometrics, yang merupakan situs yang membuat perangkingan perguruan tinggi dunia, yang salah satu perhitungannya berdasarkan rangking di alexa.

Alexa rank pada suatu blog berguna jika kita ingin menjadikan blog sebagai penghasil uang (monetize blog). Jika kita ingin mendaftarkan blog ke program publisher iklan pay-per-click (ppc) maka Alexa rank akan menjadi tolak ukur untuk setiap harga iklan yang kita pasang. Karena networkers iklan menggunakannya sebagai ukuran untuk menentukan popularitas website/blog anda. Jadi, jika anda adalah seseorang yang menghasilkan uang dari iklan, anda pasti ingin meningkatkan rangking alexa.

Tags: ,

1 komentar to "Tentang Alexa | Alexa Rank | Kegunaan Alexa Rank"

  1. Cari Dollar says:

    Oh gitu ya, thanks sharingnya gan :D

    Reply To This Comment

Leave a comment